Sabtu, 29 Januari 2011

Manfaat E-commerce bagi pengguna bisnis online

Pada era globalisasi ini, kegunaan internet menjadi sangat beragam. Tidak hanya sebatas berbagi info, sharing email atau pun pesan dan live chat. Kegunaan internetpun tidak luput dari pandangan bisnis.
seiring berkembangnya kegunaan internet, ini di manfaatkan bagi kalangan bisnisman sebagai sarana promosi memperkenalkan perusahanny bahkan menawarkan prodak ataupun jasa.
Cara ini di nggap ampuh mendongkrak perusahaan baik bidang marketing, pemasaran, ataupun iklan.

1. Keuntungan e-commerce bagi bisnis:

Pasar internasional

Dengan penerapan e-commerce sebuah perusahaan dapat memiliki sebuah pasar internasional. Bisnis dapat dijalankan tanpa harus terbentur pada batas negara dengan adanya teknologi digital. Pihak perusahaan dapat bertemu dengan partner dan kliennya dari seluruh penjuru dunia. Hal ini menciptakan sebuah lembaga multinasional virtual.

Penghematan biaya operasional

Biaya operasional dapat dihemat. Biaya untuk membuat, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan memperbaiki kembali informasi juga dapat ditekan.

Mengurangi penggunaan paper/kertas di berbagai aktifitas mulai dari tahapan desain, produksi, pengepakan, pengiriman, distribusi hingga marketing.

Kustomisasi masal

E-commerce telah merevolusi cara konsumen dalam membeli barang dan jasa. Produk barang dan jasa dapat dimodifikasi sesuai dengan keingingan konumen. Contohnya, di masa lalu saat perusahaan Ford mulai memasarkan mobil produksinya, para pembeli hanya dapat membeli motor yang berwarna hitam karena yang dibuat memang hanya warna tersebut. Namun sekarang pembeli dapat mengkonfigurasi sebuah mobil sesuai dengan spesifikasi mereka hanya dalam beberapa menit, misalnya menentukan warna mobil yang mereka inginkan untuk mobil yang akan mereka beli, hanya dengan mengunjungi website Ford di internet.

Berkurangnya kendala inovasi

Yang dimaksud adalah dengan e-commerce, suatu perusahaan dapat menghemat sumber daya karena mereka tidak dipusingkan dengan sulitnya membuat penemuan baru untuk modifikasi produk mereka. Sebagai contoh, perusahaan seperti Motorola (mobile phone) dan Dell (komputer) dapat mengumpulkan para konsumennya yang memesan sebuah produk. Para konsumen dapat membuat suatu daftar mengenai spesifikasi produk baru yang mereka inginkan dan mengirimkannya ke perusahaan secara on-line. Kemudian perusahaan dapat merencanakan produksi suatu produk berdasarkan spesifikasi konsumen dan mengirimkan hasilnya dalam jangka waktu beberapa hari.

Biaya telekomunikasi yang lebih rendah

Internet lebih murah dari sebuah jaringan tambahan yang hanya digunakan untuk telepon. Adalah lebih murah untuk mengirimkan sebuah fax atau e-mail via internet daripada melakukan dial telepon secara langsung.

Digitalisasi proses dan produk

Contohnya pada kasus produk software dan audio video, produk digital tersebut dapat diunduh atau dikirim lewat e-mail secara langsung ke konsumen melalui internet dalam format digital. Hal ini tentu saja menghemat waktu dan biaya pengiriman produk.

Batasan waktu kerja dapat diatasi

Bisnis dapat dijalankan tanpa mengenal batas waktu karena dijalankan secara on-line melalui internet yang selalu beroperasi tiap hari.

2. Keuntungan e-commerce bagi konsumen:

Akses penuh 24 jam / 7 hari

Konsumen dapat berbelanja atau mengolah berbagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang hari, sepanjang tahun di sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo, membuat pembayaran, dan memperoleh informasi lainnya.

Lebih banyak pilihan

Konsumen tidak hanya memiliki sekumpulan produk yang bisa dipilih, namun juga daftar supplier internasional sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih banyak.

Perbandingan harga

Konsumen dapat berbelanja di seluruh dunia dan membandingkan harganya dengan mengunjungi berbagai situs yang berbeda atau dengan mengunjungi sebuah website tunggal yang menampilkan berbagai harga dari sejumlah provider.

Proses pengantaran produk yang inovatif

Dengan e-commerce proses pengantaran produk menjadi lebih mudah. Misalnya dalam kasus produk elektronik misalnya software atau berkas audio visual di mana konsumen dapat memperoleh produk tersebut cukup dengan mengunduhnya melalui internet.

Manfaat E-Commerce Untuk UKM

E-commerce (electronic commerce) secara sederhana bisa diartikan sebagai kegiatan/transaksi jual beli secara elektronik

Kegiatan jual beli yang terjadi IDENTIK dengan kegiata jual beli secara konvensional. Bedanya hanya dimana terjadinya pembayaran, penyampaian produk dll dilakukan secara electronik (online via Internet) Di Indonesia dan juga dibeberapa negara berkembang lainnya e-commerce mengalami beberapa kendala, sebab
diantaranya:
1. Infrastruktur
Ketersediaan internet yg murah menghambat banyak orang untuk mengakses internet.Setidaknya harus ada PC+Modem+sambungan telp, dan yang termurah adalah akses dari warnet

2. Suprastruktur
Dalam hal ini peraturan dan perundangan, atau regulasipemerintah yang akan melindungi kegiatan e-commerce. Cyber Law perlu di buat.
beberapa link ttg cyber law http://www.polri.go.id/riset/Cyber_Law.php

3. Kendala SDM

selain masalah penguasaan teknologi dan
bahasa adalah:
· MINDSET : Masih banyak yg berfikir melakukan transaksi elektronik sangat berbahaya dan sebaiknya dihindari.
(juga dipengaruhi oleh pengetahuan teknologi yang rendah)
· MENTAL : sementara banyak orang pinter kita yang punya mental kurang sehat, melakukan transaksi ilegal misalnya dengan carding dll. Hal ini memperburuk kepercayaan lembaga keuangan asing pada Indonesia.
Manfaat internet untuk bisnis UKM
· Membantu pemasaran produk
· Memperoleh informasi bahan baku (supplier)
· Melacak tren pasar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar