Kamis, 04 Maret 2010

Compare Sesion LINUX ~vs~ WINDOWS **menurut saya

Kali ini saya akan mencoba untuk membahas dan mengcompare dua jenis operting system yang saling bertolak belakang. Di antara pecinta fanatik di kedua belah pihaknya, mereka saling mencari kelemahan lawan dan kelebihan systemnya untuk saling menjatuhkan.
Saya menggunakan linux ubuntu 9.04 dan windows xp2 pada komputer rumah saya, serta linux ubuntu 9.10 dan windows XP sp2 pada laptop saya, dalam penggunaan sehari-hari saya lebih seringmenggunakan linux pada laptop saya dan Windows XP pada komputer saya, di karenakan pada komputer rumah linux belum terinstal secara sempurna,ada beberapa hardwhare yang blom terdeteksi, dan crash di beberapa driver,maklum, saya masih pemula dalam penggunaan linux, jadi belum bisa menyelesaikan masalah yang aga rumit untuk di selesaikan, walaupun kadang rasa penasaran terus menggoda untuk "mengoprek" si "pingwuin".
Dalam menulis tread ini, saya hanya mencoba untuk tidak melebihkan salah satu OS tersebut dan mencoba bersikap objektif dalam memberikan penilaian agar pembaca dapat mengambil referensi dai tulisan saya.
Langsung saja,kita akan membahas linux dan windows secara terpisah
LINUX
Semua tau kalo linux tak berlisensi alias gratis dalam pendistribusiannya,jadi siapa saja bebas mengedarkan sistim operasi ini tanpa takut di tuduh sebagai pembajak. Juga dalam segala softwhare aplikasinya bersifat free. Linux bersifat opensource, artinya, anda dapat merubah linux menjadi sistem operasi yang anda inginkan.
Linux mempunyai keamanan yang lebih terintegrasi,build in ke kernel yang membuat dia sangat aman dari firus karna linux tidak dapat di eksekusi dengan extension file firus yang banyak beredar. Linux lebih menjamin keamanan yang lebih besar untuk komputer kita. Sampai saat ini saya belum pernah mendengar virus, worm, spywhhare yang menyerang sistem linux.
Banyak orang mungkin beranggapan linux lebih aman dari serangan virus, worm, ataupun spyware karna jarang di pakai yang membuat programer jahat enggang membuat firus untuk sistem ini.
linux dapat berjalan dengan baik di hardwhare yang "tua" dan memiliki spek yang rendah. saya pernah menginstal linux di PC pentium III dengan kapasitas ram yang hanya 256mb, kebanyakan spek komputer seperti itu pada era ini telah menjadi sampah, jika kalian menggunakan windows, kecuali kalian hanya memakainya hanya untuk mengetik saja, selebihnya komputer dengan spek tersebut hanya akan menjadi sampah tua jika anda memaksa memakai windows. linux dapat dengan otomatis mendeteksi hardwhare serta driver mesin anda.
Linux memiliki banyak anakan, yang biasa di sebut distro, masing masing memiliki banyak kelebihan di banding distro yang lain. Linux sangat menyenangkan, gesit, cepat dan memiliki fisual dekstop yang sangat menarik, bahkan jauh lebih menarik dan bagus di banding Windows series masa kini (XP, VISTA, WINDOWS 7).
Linux memiliki nilai lebih dari windows dalam masalah kestabilan,sistem linux memiliki suatu sistem yang dapat menghindarkan dari crash yang merupakan penyakit dari windows.
Karna saya masi pemula untuk lebih mengenal linux, saya tidak banyak mengetahui fitur-fitur lebih di banding windows, tapi yang saya rasakan,linux lebih membuat saya merasa penasaran dan lebih nyaman karna membeikan suasana baru di saat saya jenuh dengan windows dan segala "penyakitnya" di samping karna tampilannya yang jauh lebih enak di pandang dan tidak membosankan.
WINDOWS
Windows sangat familiar karna sistem ini di gunakan oleh mayoritas pengguna komputer. ini membuat banyak aplikasi pendukung termaksut game di banding dengan linux.
banyaknya softwhare dari berbagai macam jenis, seperti entertaiment, game, edukasi, rutinitas dan bisnis yang berjalan di sistem ini dan lebih lengkap dan banyak pilihan di banding linux,
tapi sayangnya masalah keamanan dan stabilitas menghantui pengguna sistem ini di seluruh dunia, firus,worm dan spyware tercipta untuk menggempur sistem ini.
Sistem ini tidak di edarkan secara gratis, alias terlisensi, bagi pengguna sistem ini mungkin aga di repotkan dengan proses update sebagai penutup "cacat" windows yang kita pakai.
Di banding linux, banyaknya pengembang yang membuat berbagai aplikasi perkantoran, bisnis, serta pendidikan, membuat orang-orang tiak dapat meninggalkan sistem operasi ini termaksut saya.Sistem Operasi ini terus berkembang walaupun banyak anggapan yang semakin membuat windows semakin tersisih. Sistem opersi ini buat sebagian orang di nilai ebih user friendly.
saya tidak meninggalkan windows karna sebagian besar kebutuhan kuliah saya membutuhkan windows sebagai projek.

Karna keterbatasan saya dalam memperdalam kedua sistem operasi,jadi yang saya bahas hanya sebatas "kulit"nya saja, jika saya memberi penilaian dari kedua sistem tersebut,saya lebih memilih linux, karna perlahan perkembangannya semakin menjanjikan, di samping evek visual yang di suguhkan pada layar dekstop linux yang lebih menarik dibanding keluarga windows.
Di samping itu juga masalah keamanan data yang membuat saya memilih memperdalam linux di banding windows, tetapi saya tidak dapat melepas windows dari hidup saya karna alasan untuk menutupi kekurangan linux.
Untuk para pembaca,tidak ada salahnya mencoba, dan bandingkan dengan SO yang anda miliki sebelumnya,baik linux ataupun windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar