Minggu, 28 Februari 2010

Aplikasi Permodelan 3D Untuk Pecinta Linux

UNTUK PECINTA LINUX YANG INGIN MENCIPTAKAN DESAIN 3D

Setelah saya penasaran tentang aplikasi pembuat permodelan grafik 3D pada tread yang saya buat sebelumnya, saya mencoba mencari aplikasi untuk saya coba, kebetulan saya memakai sistem operasi linux, bermodal informasi yang saya dapat sebelumnya untuk membuat tread sebelum ini, dan setelah mencari tutorial dan beberapa materi tentang aplikasi pembuat model 3D yang bisa di jalankan pada linux, akhirnya saya memilih aplikasi WINGS 3D.
saya juga berusaha mencari informasi untuk menginstal aplikasi ini. Saya mencari beberapa blog serta web sebagai informasi untuk menginstal ini d linux, maklum, saya bukan pengguna linux yang sangat mahir. Pada blog serta web yang saya dapatkan, cara mereka menginstal aplikasi ini dominan sama,hanya aa beberapa blog yang menggunakan aplikasi tambahan untuk mengestrak aplikasi ini.
Buat pecinta linux yang ingin menciptakan segala sesuatu desain bergrafik 3D,dapat menggunakan aplikasi WINGS 3D, Program ini di buat untuk menci
ptakan objek yang berbasis 3 dimensi . Aplikasi ini bukan bawaan dari linux sendiri,tapi kita dapat mendownloadnya di http://sourceforge.net/projects/wings/files/wings/1.1.4.1/wings-1.1.4.1-linux.bzip2.run.gz/download . Mungkin anda dapat mendapatkan aplikasi ini di situs download yang lain, alamat url yang saya berikan merupakan alternatif jika anda ingin mendapatkan aplikasi ini. Jika anda telah selesai mendownload aplikasi ini, hasil dari download ini berupa file *.bzip2.run. Langkah-langkah yang harus di lakukan untuk menginstal aplikasi ini adalah :
1. Sebelunya anda ekstrak file hasil download tadi di folder dan sembarang tempat (anda bebas meletakan di mana saja). Saya beri contoh di /Home/putra/Public, putra adalah username saya.
2.
Sekarang kita telah mendapatkan file hasil ekstrak tadi yang bernama “wings-1.1.4-linux.bzip2.run”. Masih pada jendela Konqueror, silakan tekan tombol F4 untuk masuk ke terminal. Masuklah sebagai “root” pada terminal dengan perintah “su” dan isikan password user pc anda. Jikan telah masuk menjadi root, Prompt berubah menjadi: root@master-desktop:/home/putra/Public#
3.
Tulis code“./wings-1.1.4-linux.bzip2.run” ( tuliskan tanpa kutip ) pada terminal, secara otomatis,terminal mencari file dan menginstal file tersebut, tunggu beberapa saat sampai instalasi berakhir. **Sebagai info tambahan, kita dapat me-rename (merubah nama) source ini dengan nama yang lebih singkat, seperti misalnyaZ .
4.
Setelah beberapa saat dan wings telah complete terinstal, ada konfirmasi bahwa Wings telah diinstal di /root/wings-1.1.4. Untuk bisa menjalankan melalui GUI, kita mengganti permission folder “root”. Pindah dulu ke / dengan perintah “cd /” pada terminal tadi.
5. Ketikkan
perintah : “chmod +rwx root” pada terminal yang sama . ini bermaksud untuk tambahkan (+) izin read, write dan execute pada folder “root”.
6.
Ketika semua langkah di atas telah selesai, lalu keluarlah dari terminal, dan eksekusi file shell script bernama “wings” untuk mulai menggunakan aplikasi ini.

Kita dapat membuat shortcutnya di Kickoff Application launcher (Menu) agar kita bisa mengakses Wings dengan cepat dan lebih mudah, dan tanpa harus masuk folder /root/wings-1.1.4 Caranya seperti berikut:
1. Klik kanan pada Kickoff, pilih Menu Editor.
2.
Pilih sembarang entry, sebagai contoh Grapik3D. setelah itu klik “New item”

3.
Berilah nama dari sub-entry yang baru ini dengan nama sesuai kemaun anda. Pada sesi ini,saya menamainya Wings 3D, dan dengan comment “Aplikasi Untuk Membuat gambar 3D” lalu yang paling penting file yang akan dieksekusi. Langkah selanjutnya adalah mentukan path menuju file “wings” dalam folder tadi. Alamatnya “/root/wings1.1.4/wings”. Jika alamat anda beda,silakan mencari sesuai yang anda simpan. sebagai tambahan,kita bisa memberikan icon sendiri pada shortcutnya.

4.
Klik save untuk menerpkan perubahan yang telah di lakukan.

5.
Setelah ini, lihatlah Kickoff, pada tab Application, Entry Graphic, ada sebuah entry baru bernama Wings 3D. Eksekusi launcher ini dan secara otomatis akan membuka aplikasi Wings.


Beberapa situs yang dapat di jadikan referensi sebagai tutorial membuat objek pada aplikasi ini :

http://www.wings3d.com/cactus.php
http://nendowingsmirai.yuku.com/forum/viewtopic/id/871




Sumber terkait : http://sourceforge.net/projects/wings/files/wings/1.1.4.1/wings-1.1.4.1-linux.bzip2.run.gz/download

1 komentar:

  1. Halo Admin / Blogger :)

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya :)
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain untuk tujuan promosi ? :)
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Anda bisa dengan bebas mmengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    Terima kasih.

    Salam.

    BalasHapus