Rabu, 24 Februari 2010

ALL ABOUT GAME 2 (GAME TEKNOLOGI)

GAME TEKNOLOGI

Game teknologi merupakan perangkat-perangkat yang digunakan untuk mendukung game itu sendiri.

Dari masa ke masa teknologi sangat pesat berkembang,hal ini yng membawa perkembangan game dari masa ke masa juga terus berkembang seiring kemajuan teknologi.Perkembangan teknologi sangat berpegaruh terhadap perkembangan game,Awal dekade 80-an, persaingan antar perusahaan game dalam memasarkan produknya ketat . Pada saat itu game yang populer dengan nama video game ini hanya bisa dimainkan oleh satu atau dua orang pemain pada sebuah console. Sebagai media penampilnya di gunakan televisi.

Pada jaman permulaan adanya game jenis game-nya juga masih sangat sederhana dengan grafik yang terkesan seadanya. Tampilannya mirip seperti game yang di buat dari bahasa program Java, yang bisa dimainkan di handphone sekarang ini. Perusahaan game yang terkenal pada saat itu adalah Atari, Sega dan Nintendo.



Game ini dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam oleh tangan yang biasa di sebut joystickdan tersambung ke sebuah kotak alat atau console. Alat yang digenggam tangan tadi dikenal dengan nama joystick, isinya adalah beberapa tombol-tombol sebagai kontrol arah maju, mundur, kiri dan kanan, dimana fungsinya adalah untuk berinteraksi dan mengendalikan gambar-gambar di layar pesawat televisi. Jenis game ini juga menggunakan cd yang berisi program game yang akan di baca mesin dan di tampilkan pada layar monitor.


Selain dari console, game juga bisa dijalankan dari personal computer (PC) atau sering juga disebut juga PC game. Game di PC tidak kalah menariknya dibanding dengan di console. karna PC memiliki teknologi dalam menampilkan grafis yang lebih halus dan sangat terintegrasi terhadap interface.

Dalam game konfesional (consol) memiliki banyak keterbatasan seperti fitur-fitur pada joystick dan permainan grafis yang kurang halus.Pada setiap PC terdapat sebuah keyboard dan sebuah mouse yang bisa digunakan dalam desain permainan game yang lebih kompleks. Gambar grafik yang ditampilkan di PC game lebih hidup dan tajam, tergantung dari pemakaian display adapter card atau video card yang digunakan pada mainboard komputer. Semakin mutakhir dan besar kapasitas memori video card-nya, maka semakin halus pula resolusi dan akselerasi game-nya. Sedang console game biasanya dimainkan di televisi, dimana ketajaman gambar lebih rendah dan game biasanya dimainkan dari jarak dekat.

Pada game konsol biasanya hana memiliki permainan yang sangat sederhana di banding game pada PC yang notabene di sebut permainan dewasa. ini di lihat dari segmen pemain pada PC yang rata-rata berusia dewasa walaupun saat ini anak-anak juga mulai teracuni dengan game pada PC yang sekarang sudah dapat di mainkan secara online.

Awalnya, jika kita bermain sendiri di PC atau komputer, yang menjadi lawan kita adalah komputer itu sendiri. Tetapi dengan sistem jaringan (LAN: local area network), kita bisa melawan orang lain pada komputer yang terpisah, yang lebih dikenal dengan istilah multiplayer. Untuk dapat memainkannya, kita harus menghubungkan PC atau komputer ke sekelompok PC lain yang saling terhubung. Multiplayer game ini bisa dimainkan dengan jaringan lokal tanpa akses internet, tetapi bisa juga dengan menggunakan akses internet. Multiplayer game yang tidak membutuhkan akses internet disebut juga sebagai LAN game.Pada LAN game Lawan kita dalam game hanya terbatas pada jumlah PC yang terhubung dalam jaringan lokal tersebut. Jika game tadi ingin lebih dimainkan secara massal, secara bersamaan dan tanpa mempertimbangkan jarak, maka PC itu harus terhubung dengan jaringan internet. Karena dari aplikasinya yang harus terhubung atau online dengan internet, maka banyak orang menyebutnya sebagai online game.

Tahapan dalam membuat game

Untuk membuatan Game yang berkualitas, seorang programer game harus melalui beberapa tahapan,seperti surfei langsung ke lapangan untuk mendapatkan masukan dari para pengguna dan mendapat inputan dari para penikmat game seerti apa saja game yang mereka inginkan,langkah-langkah yang di lalui garis besar adalah :


1. Menguasai program yang akan di gunakan untuk pembuatan game.

2. Memilih tema dan Membuat jalan cerita game yang akan dibuat.

3. Membuat karakter / tokoh dalam sebuah game yang akan di buat.

4. Membuat bagan alur jalannya game atau jalan cerita dari game tersebut.

5. Membuat program game, baik gambar maupun suara.

6. Mencari kesalahan / error game yang sudah selesai dibuat atau debuging.

7. Melakukan uji coba untuk mengetahui kerusakan,sektor eror serta kelemahan dari game itu.

8. Membuat judul dari game yang telah selesai dibuat.

9. Penyelesaian game dalam bentuk Full Version dan siap di pasarkan bila di tujukan untuk tujuan kmersil.

TEKNOLOGI YANG DI GUNAKAN DALAM PEMBUATAN GAME

Pada game umumnya terdapat dua segmen dari segi interface,Pertama Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).

Game 3 dimensi sama dengan dua dimensi , game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi
(X,Y,Z). pada game 3 dimensi ini memiliki tampilan yang lebih menarik karna tampak seolah-olah berfitur seperti dunia nyata.

pada game 3 dimensi memiliki 2 tipe

1. 3d object/model
ini merupakan model/ object 3 dimensi yang nantinya akan anda jadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll.

program atau softwhare yang di gunakan dalam pembuatan game ini adalah :

3D S.Max

Maya

Hash”,dll

2. 2d graphic
dalam game 3 dimensi,juga di butuhkan gambar 2 dimensi. fungsi darigambar 2d antara lain:

- sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)

- sebagai texture untuk object

- sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.

Membuat animasi dalam 3D dapat digunakan bones(tulang) yang layaknya manusia dapat digerakkan. Selain itu animasi tetap juga dapat menggunakan bitmap (gambar 2d) untuk animasi pada texture air, api,dll.

Program-program untuk membuat game yang biasa di gunakan adalah :

1. RPG MAKER(R.M)

Program ini cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit. R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game). Script yang dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.

2. Game maker

Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan.
Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana. Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker)

3.AGS( Adventure Game Studio)

AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter.

4. 3D Game Studio

Program ini lebih dikhususkan untuk membuat game bertipe 3D. Tapi untuk tambahan , Kelebihan dari program ini adalah , anda dapat membuat game sekelas dengan “Medal of Honor”, “Onimusha” , “ Prince of Persia”, “Ghost Recon”, ”Grand Theft Auto”, dll .

Dalam 3D Game Studio terdapat 3 program utama,yaitu:

-WED (Level Editor) – Sebagai pengolah level/area permainan bagi 3D Game Studio.

-SED (Script Editor) – Sebagai pengolah script dalam 3D Game Studio,script standar yang dipakai adalah C-Script dan Lite C.

-MED (Model Editor) – Program yang berfungsi sebagai editor model bagi 3D Game Studio

5. Macromedia Flash

Program ini tidak ditujukan untuk membuat game yang berat. Program ini sebetulnya digunakan untuk membuat presentasi atau mendisain web. Namun selain itu dengan sedikit kreatifitas anda dapat membuat game sederhana dengan program ini.

Profesi dalam membuat game

1. Artificial Intelligence Programmer

2. Game Physics Programmer

3. Graphics Programmer

4. Scripter

5. Gameplay Programmer

6. Sound Programmer

7. UI Programmer

8. Game Tools Programmer


Rata Penuh

Tutorial dan referensi :

http://itoharajuku.wordpress.com/2009/02/07/langkah-dasar-pembuatan-game-sederhana/

http://en.wikipedia.org/wiki/Game_programmer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar