Rabu, 13 Oktober 2010

Video On Demand (VOD)

Video dapat digunakan secara luas dalam sistem multimedia pada dunia pendidikan. Video confrenca dapat memungkinkan kita untuk saling berkomunikasi secara visual dan audio dalam jarak jauh dan seolah kita mengobrol seperti biasa dengan cara saling berhadapan antara satu sama lain. Video juga menjadi aspek penting dalam dunia pembelajaran sehingga tak ada lagi batasan ruang dan waktu untuk dapat belajar dan saling bertukar pikiran karena dapat langsung difasilitasi dengan adanya Videoconfrence.

Dengan mengubah pola penyajian berita / acara sebagaimana di televisi saat ini dengan metode video on demand, tentu tak salah ungkapan Bill Gates bahwa orang akan berangsur-angsur meninggalkan televisi. Atau, mungkin istilahnya bukan TV broadcast lagi, tetapi TV on Demand.

Video on demand memiliki arti sebuah penyajian video yang dapat diakses secara online melalui jaringan internet maupun dengan menggunakan fasilitas intranet dimana para pemakainya dapat melihatnya kapan pun sepuasnya dan dapat dilihat berulang-ulang baik secara livestreaming maupun dengan cara mendownload file video yang mereka inginkan.

Video juga merupakan komponen penting dalam distance learning, suatu metode pengajaran yang tidak lagi terikat oleh ruang. dalam upaya memenuhi kebutuhan peralatan dan mensosialisasikan peralatan teknologi tersebut kepada masyarakat khsusnya pelajar yang kesulitan memiliki peralatan LCD proyektor, kiranya perlu diciptakan media yang paling efektif untuk memanfaatkan modul-modul yang berbasis multimedia khususnya video. Intranet video yang dikembangkan dalam bentuk sistem video/modul on demand dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya para pelahar yang belum mempunyai peralatan LCD preyektor sebagai penunjang proese pembelajaran. Dengan strategi ini diharapkan pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dibeberapa sekolah/masyarakat umumnya dapat terpenuhi dan dapat digunakan di berbagai lapisan pendidikan.

Bagaimana menggunakan fasilitas Video On Demand

Untuk dapat menggunakan fasilitas Video On Demand, komputer anda harus tersedia dan mendukung multimedia karena video yang ditampilkan berupa gambar bergerak dengan disertai audio yang langsung diambil dari tempat kejadian.

Cara kerja dan Fungsi Video On Demand

Fungsi VOD seperti layaknya video rental, di mana pelanggan dapat memilih program atau tontonan ketika yang ingin ditayangkan. Pilihan program dapat berupa sederet judul film, serial TV, reality show, video streaming, dan program lainnya. tidak hanya menonton, khalayak pun dapat menyimpan serta mengunduh program semau mereka. Untuk menontonnya khalayak dapat menggunakan set-top box dari video yang sudah diunduh, atau menggunakan komputer, ponsel, dan alat-alat komunikasi elektronik lainnya yang berkemampuan mengakses konten audio dan visual. Sebagian VOD memberikan pelayanan dengan sistem pembayaran per tayangan (pay-per-view).

Jadi pada saat ini sudah tidak ada lagi kesulitan dalam mengakses informasi untuk pembelajaran, karena sudah banyak fasilitas yang dapat mengantarkan para pelajar untuk mendapatkan hal yang berguna dan bermanfaat dan dengan fasilitas ini juga perkembangan teknologi jaringan komputer semakin dapat diandalkan untuk mendapatkan sebuah informasi yang baru dan bermanfaat.


link kelompok : andhika prima k

Tidak ada komentar:

Posting Komentar