Kamis, 04 Maret 2010

Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputeryang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilahvisualisasi data.

Hasil dari rendering

Bagian dari grafika komputer meliputi:

  • Geometri : mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  • Animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  • Rendering: mempelajari alogariuntuk menampilkan efek cahaya
  • Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).

Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan bila membangun model obyek, kesemuanya memberi kontribusi pada kualitas hasil akhir. Hal-hal tersebut meliputi metoda untuk mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan obyek, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model. Proses pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.

Dasar Metode Modeling 3D

Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Ada jenis metode pemodelan obyek yang disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya menggunakan sedikit polygon, maka object yang didapat akan terbagi sejumlah pecahan polygon.

Sedangkan Modeling dengan NURBS (Non-Uniform Rational Bezier Spline) merupakan metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

c. Proses Rendering
Tahap-tahap di atas merupakan urutan yang standar dalam membentuk sebuah obyek untuk pemodelan, dalam hal ini texturing sebenarnya bisa dikerjakan overlap dengan modeling, tergantung dari tingkat kebutuhan. Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses pemodelan ataupun animasi komputer. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modeling, animasi, texturing, pencahayaan dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output. Dalam standard PAL system, resolusi sebuah render adalah 720 x 576 pixels. Bagian rendering yang sering digunakan:

  • Field Rendering. Field rendering sering digunakan untuk mengurangi strobing effect yang disebabkan gerakan cepat dari sebuah obyek dalam rendering video.
  • Shader. Shader adalah sebuah tambahan yang digunakan dalam 3D software tertentu dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu seperti lighting effects, atmosphere, fog dan sebagainya.
Texturing
Proses texturing ini untuk menentukan karakterisik sebuah materi obyek dari segi tekstur. Untuk materi sebuah object bisa digunakan aplikasi properti tertentu seperti reflectivity, transparency, dan refraction. Texture kemudian bisa digunakan untuk meng-create berbagai variasi warna pattern, tingkat kehalusan/kekasaran sebuah lapisan object secara lebih detail.

Image dan Display
Merupakan hasil akhir dari keseluruhan proses dari pemodelan. Biasanya obyek pemodelan yang menjadi output adalah berupa gambar untuk kebutuhan koreksi pewarnaan, pencahayaan, atau visual effect yang dimasukkan pada tahap teksturing pemodelan. Output images memiliki Resolusi tinggi berkisar Full 1280/Screen berupa file dengan JPEG,TIFF, dan lain-lain. Dalam tahap display, menampilkan sebuah bacth Render, yaitu pemodelan yang dibangun, dilihat, dijalankan dengan tool animasi. Selanjutnya dianalisa apakah model yang dibangun sudah sesuai tujuan. Output dari Display ini adalah berupa *.Avi, dengan Resolusi maksimal Full 1280/Screen dan file *.JPEG.

Ada beberapa metode yang digunakan untuk pemodelan 3D. Metode pemodelan obyek disesuaikan dengan kebutuhannya seperti dengan nurbs dan polygon ataupun subdivision. Modeling polygon merupakan bentuk segitiga dan segiempat yang menentukan area dari permukaan sebuah karakter. Setiap polygon menentukan sebuah bidang datar dengan meletakkan sebuah jajaran polygon sehingga kita bisa menciptakan bentuk-bentuk permukaan. Untuk mendapatkan permukaan yang halus, dibutuhkan banyak bidang polygon. Bila hanya digunakan sedikit polygon, maka object yang didapatkan akan terbagi menjadi pecahan-pecahan polygon.

Sedangkan Modeling dengan Nurbs (Non-Uniform Rational Bezier Spline) adalah metode paling populer untuk membangun sebuah model organik. Hal ini dikarenakan kurva pada Nurbs dapat dibentuk dengan hanya tiga titik saja. Dibandingkan dengan kurva polygon yang membutuhkan banyak titik (verteks) metode ini lebih memudahkan untuk dikontrol. Satu titik CV (Control verteks) dapat mengendalikan satu area untuk proses tekstur.

Desain permodelan grafik sangat berkaitan dengan grafik komputer. Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:

  1. Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
  2. Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
  3. Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behaviour objek bergantung waktu.
  4. Graphics Library/package (contoh : OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware(Graphics System).
  5. Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
  6. Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
  7. Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, disain, manufaktur, visualisasi dll.
Desain Pemodelan Grafik
Kerangka Grafik Komputer
Pemodelan Geometris
Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :
  • Shape/bentuk
  • Posisi
  • Orientasi (cara pandang)
  • Surface Properties/Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)
  • Volumetric Properties/Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
  • Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
  • Dan lain-lain …

Pemodelan Geometris yang lebih rumit :

  • Jala-jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
  • Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
  • CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.
Desain Pemodelan Grafik
Elemen-elemen pembentuk Grafik Geometri
Desain Pemodelan Grafik
Sumber :
http://www.ilhamsk.com/desain-pemodelan-grafik/
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafik_komputer

artikel terkait dalam blog ini :
http://mulailah-berfikir.blogspot.com/2010/02/aplikasi-permodelan-3d-untuk-pecinta.html
http://mulailah-berfikir.blogspot.com/2010/03/all-about-3d-modelers-graphiks.html

Compare Sesion LINUX ~vs~ WINDOWS **menurut saya

Kali ini saya akan mencoba untuk membahas dan mengcompare dua jenis operting system yang saling bertolak belakang. Di antara pecinta fanatik di kedua belah pihaknya, mereka saling mencari kelemahan lawan dan kelebihan systemnya untuk saling menjatuhkan.
Saya menggunakan linux ubuntu 9.04 dan windows xp2 pada komputer rumah saya, serta linux ubuntu 9.10 dan windows XP sp2 pada laptop saya, dalam penggunaan sehari-hari saya lebih seringmenggunakan linux pada laptop saya dan Windows XP pada komputer saya, di karenakan pada komputer rumah linux belum terinstal secara sempurna,ada beberapa hardwhare yang blom terdeteksi, dan crash di beberapa driver,maklum, saya masih pemula dalam penggunaan linux, jadi belum bisa menyelesaikan masalah yang aga rumit untuk di selesaikan, walaupun kadang rasa penasaran terus menggoda untuk "mengoprek" si "pingwuin".
Dalam menulis tread ini, saya hanya mencoba untuk tidak melebihkan salah satu OS tersebut dan mencoba bersikap objektif dalam memberikan penilaian agar pembaca dapat mengambil referensi dai tulisan saya.
Langsung saja,kita akan membahas linux dan windows secara terpisah
LINUX
Semua tau kalo linux tak berlisensi alias gratis dalam pendistribusiannya,jadi siapa saja bebas mengedarkan sistim operasi ini tanpa takut di tuduh sebagai pembajak. Juga dalam segala softwhare aplikasinya bersifat free. Linux bersifat opensource, artinya, anda dapat merubah linux menjadi sistem operasi yang anda inginkan.
Linux mempunyai keamanan yang lebih terintegrasi,build in ke kernel yang membuat dia sangat aman dari firus karna linux tidak dapat di eksekusi dengan extension file firus yang banyak beredar. Linux lebih menjamin keamanan yang lebih besar untuk komputer kita. Sampai saat ini saya belum pernah mendengar virus, worm, spywhhare yang menyerang sistem linux.
Banyak orang mungkin beranggapan linux lebih aman dari serangan virus, worm, ataupun spyware karna jarang di pakai yang membuat programer jahat enggang membuat firus untuk sistem ini.
linux dapat berjalan dengan baik di hardwhare yang "tua" dan memiliki spek yang rendah. saya pernah menginstal linux di PC pentium III dengan kapasitas ram yang hanya 256mb, kebanyakan spek komputer seperti itu pada era ini telah menjadi sampah, jika kalian menggunakan windows, kecuali kalian hanya memakainya hanya untuk mengetik saja, selebihnya komputer dengan spek tersebut hanya akan menjadi sampah tua jika anda memaksa memakai windows. linux dapat dengan otomatis mendeteksi hardwhare serta driver mesin anda.
Linux memiliki banyak anakan, yang biasa di sebut distro, masing masing memiliki banyak kelebihan di banding distro yang lain. Linux sangat menyenangkan, gesit, cepat dan memiliki fisual dekstop yang sangat menarik, bahkan jauh lebih menarik dan bagus di banding Windows series masa kini (XP, VISTA, WINDOWS 7).
Linux memiliki nilai lebih dari windows dalam masalah kestabilan,sistem linux memiliki suatu sistem yang dapat menghindarkan dari crash yang merupakan penyakit dari windows.
Karna saya masi pemula untuk lebih mengenal linux, saya tidak banyak mengetahui fitur-fitur lebih di banding windows, tapi yang saya rasakan,linux lebih membuat saya merasa penasaran dan lebih nyaman karna membeikan suasana baru di saat saya jenuh dengan windows dan segala "penyakitnya" di samping karna tampilannya yang jauh lebih enak di pandang dan tidak membosankan.
WINDOWS
Windows sangat familiar karna sistem ini di gunakan oleh mayoritas pengguna komputer. ini membuat banyak aplikasi pendukung termaksut game di banding dengan linux.
banyaknya softwhare dari berbagai macam jenis, seperti entertaiment, game, edukasi, rutinitas dan bisnis yang berjalan di sistem ini dan lebih lengkap dan banyak pilihan di banding linux,
tapi sayangnya masalah keamanan dan stabilitas menghantui pengguna sistem ini di seluruh dunia, firus,worm dan spyware tercipta untuk menggempur sistem ini.
Sistem ini tidak di edarkan secara gratis, alias terlisensi, bagi pengguna sistem ini mungkin aga di repotkan dengan proses update sebagai penutup "cacat" windows yang kita pakai.
Di banding linux, banyaknya pengembang yang membuat berbagai aplikasi perkantoran, bisnis, serta pendidikan, membuat orang-orang tiak dapat meninggalkan sistem operasi ini termaksut saya.Sistem Operasi ini terus berkembang walaupun banyak anggapan yang semakin membuat windows semakin tersisih. Sistem opersi ini buat sebagian orang di nilai ebih user friendly.
saya tidak meninggalkan windows karna sebagian besar kebutuhan kuliah saya membutuhkan windows sebagai projek.

Karna keterbatasan saya dalam memperdalam kedua sistem operasi,jadi yang saya bahas hanya sebatas "kulit"nya saja, jika saya memberi penilaian dari kedua sistem tersebut,saya lebih memilih linux, karna perlahan perkembangannya semakin menjanjikan, di samping evek visual yang di suguhkan pada layar dekstop linux yang lebih menarik dibanding keluarga windows.
Di samping itu juga masalah keamanan data yang membuat saya memilih memperdalam linux di banding windows, tetapi saya tidak dapat melepas windows dari hidup saya karna alasan untuk menutupi kekurangan linux.
Untuk para pembaca,tidak ada salahnya mencoba, dan bandingkan dengan SO yang anda miliki sebelumnya,baik linux ataupun windows.

ALL ABOUT 3D MODELER'S GRAPHIK'S

Dalam mengangkat tema ini,saya mencari beberapa artikel yang terkait dengan segala yang berhubungan dengan permodelan gafik terutama yang berfokus pada permodelan 3D,setelah cari ke berbagai alamat url di internet,saya menemukan beberapa blog yang memiliki tulisan sama,sayangnya mereka tidak mencantumkan alamat url dari mana mereka mendapatkan materi itu. Tadinya saya ingin menjadikan blog-blog tersebut sebagai reverensi saya untuk membahas judul yang saya buat ini,tetapi saya masi merasa janggal karna pada masing-masing blog walaupun memiliki inti yang sama,tetapi masih terdapat beberapa perbedaan. Hingga akhirnya saya menemukan suatu jurnal rangkuman berbahasa inggris yan membahas tentang materi yang saya ingin bahas, dan saya merasa beberapa blog dan web site yang saya buka sebelumnya pun mendapatkan materi dari web ini. semoga bagi yang membaca blog saya ini terutama tread saya kali ini dapat terbantu.

3D modelers
digunakan dalam berbagai industri
. Industri medis menggunakan mereka untuk menciptakan model rinci organ. Industri film menggunakan mereka untuk menciptakan dan memanipulasi karakter dan objek untuk animasi dan kehidupan nyata atau film. Para industri permainan vidio menggunakan mereka untuk menciptakan asset untuk vidio game. Sektor ilmu menggunakan mereka untuk menciptakan model-model yang sangat rinci seperti senyawa kimia. Industri arsitektur menggunakan mereka untuk menciptakan model-model yang diusulkan bangunan dan lanskap. Komunitas teknik menggunakan mereka untuk merancang perangkat baru, kendaraan dan struktur serta sejumlah penggunaan lainnya. Umumnya ada banyak tahapan dalam studio dan produsen gunakan untuk membuat objek 3D untuk film, permainan, dan produksi barang-barang dan struktur.

Fitur

Banyak 3D modelers adalah untuk keperluan umum dan dapat digunakan untuk memproduksi model dari berbagai entitas dunia nyata, dari tanaman ke mobil untuk orang-orang. Beberapa model yang dirancang khusus untuk objek tertentu, seperti senyawa kimia atau internal organ.

3D modelers memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengubah model melalui 3D mereka mesh. Pengguna dapat menambah, mengurangi, meregangkan dan sebaliknya mengubah mesh keinginan mereka. Model dapat dilihat dari berbagai sudut, biasanya secara bersamaan. Model dapat diputar dan tampilan dapat diperbesar masuk dan keluar.

3D modelers dapat mengekspor model mereka untuk file yang kemudian dapat diimpor ke aplikasi lain sepanjang metadata yang kompatibel. Banyak modelers memungkinkan importir dan eksportir yang akan di pasang sehingga mereka dapat membaca dan menulis data dalam format asli dari aplikasi lain.

Kebanyakan 3D modelers berisi sejumlah fitur terkait, seperti sinar pelacak dan rendering lainnya alternatif dan fasilitas pemetaan terstruktur. Beberapa juga berisi fitur yang mendukung atau memungkinkan animasi model. Beberapa mungkin dapat menghasilkan full motion vidio dari serangkaian adegan-adegan yang diberikan (yaitu animasi)

Mayor paket

Berikut ini adalah beberapa paket softwhare pembuat permodelan 3D. Beberapa di antaranya berlisensi free dan untuk open source.
  • 3ds Max (Autodesk), awalnya bernama 3D Studio Max, adalah 3D serbaguna komprehensif dan aplikasi yang digunakan dalam film, televisi, video game dan arsitektur untuk Windows. Hal ini dapat diperluas dan disesuaikan melalui SDK atau scripting menggunakan Maxscript. Dapat menggunakan pihak ketiga memberikan pilihan seperti Brazil R / S, finalRender dan V-Ray.
  • AC3D (Inivis) adalah aplikasi pemodelan 3D yang dimulai di 90's di Amiga platform. Digunakan dalam sejumlah industri, MathWorks merekomendasikan aktif dalam banyak dari mereka yang berhubungan dengan kedirgantaraan artikel karena harga dan kompatibilitas. Tidak AC3D fitur renderer sendiri, tetapi dapat menghasilkan file output untuk kedua antara lain RenderMan dan POV-Ray .
  • Blender (Blender Foundation) adalah softwhare gratis, open source, 3D studio untuk animasi, modeling, rendering, dan texturing menawarkan serangkaian keunggulan dibandingkan dengan komersial animasi 3D suite. Termasuk fitur-fitur seperti multi-resolusi mematung; retopology lukisan; tekstur lukisan tampilan 3D dan fitur lainnya. Blender dikembangkan di bawah GPL dan tersedia pada semua platform besar termasuk Windows, OS X, Linux, BSD, Sun dan Irix.
  • Cinema 4D (Maxon) adalah sebuah paket cahaya dalam konfigurasi dasar. Perangkat lunak untuk pengguna awam. Memiliki biaya masuk awal rendah karena modular a-la-carte desain untuk pembelian fungsi-fungsi tambahan sebagai pengguna membutuhkannya. Awalnya dikembangkan untuk Amiga, juga tersedia untuk Mac OS X, Windows dan Linux.
  • form Z (AutoDesSys, Inc) adalah tujuan umum padat / permukaan 3D modeler. Penggunaan utamanya adalah untuk model, tetapi juga fitur foto realistis rendering dan animasi objek-sentris dukungan. form • Z digunakan dalam arsitektur, desain interior, ilustrasi, desain produk, dan menetapkan desain. Mendukung plug-in dan skrip, telah impor / ekspor kemampuan dan pertama kali dirilis pada tahun 1991. Saat ini tersedia untuk Mac OS X dan Windows.
  • Houdini (Side Effects Software) digunakan untuk efek visual dan karakter animasi. Itu digunakan di Disney 's film The Wild. Houdini menggunakan antarmuka non-standar yang mengacu pada sebagai "sistem NODE". Memiliki hibrida micropolygon-raytracer renderer, Mantra, tetapi juga memiliki built-in mendukung untuk renderers komersial seperti Pixar RenderMan dan mental ray.
  • Inventor ( Autodesk ) The Autodesk Inventor is for 3D mechanical design, product simulation, tooling creation, and design communication. Penemu (Autodesk) The Autodesk Inventor adalah untuk 3D desain mekanik, produk simulasi, tooling penciptaan, dan desain komunikasi.
  • Lightwave 3D (NewTek), pertama kali dikembangkan untuk Amiga, ini awalnya dipaketkan sebagai bagian dari Video Toaster paket dan memasuki pasar sebagai biaya rendah jalan bagi perusahaan-perusahaan produksi TV untuk membuat CGI kualitas program mereka. Pertama kali mendapat perhatian publik dengan penggunaannya dalam serial TV Babylon 5 dan digunakan di beberapa serial TV kontemporer. Lightwave juga digunakan dalam produksi film. Hal ini tersedia untuk Windows dan Mac OS X.
  • Massive adalah sebuah sistem animasi 3D untuk menghasilkan orang-efek visual yang terkait, yang ditargetkan untuk digunakan dalam film dan televisi.Awalnya dikembangkan untuk mengendalikan CGI skala besar pertempuran di Lord of the Rings, Massive telah menjadi standar industri untuk mengontrol kerumunan digital high end animasi. Dan telah digunakan di beberapa anggaran lain-film besar. Ini tersedia untuk berbagai Unix dan Linux platform dan juga Windows.
  • Maya (Autodesk) saat ini digunakan dalam industri film dan televisi. Maya telah berkembang selama bertahun-tahun menjadi sebuah platform aplikasi dalam dan dari dirinya sendiri melalui extendability melalui para MEL bahasa pemrograman. Ini tersedia untuk Windows, Linux dan Mac OS X.
  • Modo (Luxology) adalah sebuah sub-divisi modeling, texturing dan rendering tool dengan dukungan untuk kamera gerak dan morphs / blendshapes. Hal ini tersedia untuk Windows dan Mac OS X.
  • NX (Siemens PLM Software) adalah sebuah suite terintegrasi perangkat lunak untuk dibantu komputer desain mekanik (mekanik CAM), komputer-dibantu manufaktur (CAM), dan komputer-aided engineering (CAE) dibentuk dengan menggabungkan mantan Unigraphics dan SDRC I-Deas lini produk perangkat lunak. NX saat ini tersedia untuk sistem operasi berikut: Windows XP dan Vista, Apple Mac OS X, dan Novell SUSE Linux.
  • SketchUp Pro (Google) merupakan sebuah paket pemodelan 3D yang menampilkan sketsa model berbasis pendekatan. Memiliki versi pro yang mendukung model 2D dan 3D fungsi ekspor antara fitur-fitur lainnya.Sebuah versi gratis ini terintegrasi dengan Google Earth dan membatasi ekspor ke Google 's "3D Warehouse", dimana pengguna dapat berbagi konten mereka.
  • Softimage (Autodesk) Softimage (sebelumnya Softimage | XSI) adalah pemodelan dan animasi 3D paket yang terintegrasi dengan mental ray rendering. Ini adalah fitur-mirip dengan Maya dan 3DS Max dan digunakan dalam produksi film profesional, iklan, video game, dan media lainnya.
  • solidThinking (solidThinking) adalah sebuah 3D padat / permukaan pemodelan dan rendering suite yang dilengkapi dengan metode pohon konstruksi pembangunan.Pohon adalah "sejarah" dari model proses konstruksi dan memungkinkan real-time update ketika modifikasi yang dibuat untuk titik-titik, kurva, parameter atau seluruh objek.
  • Solid Edge (Siemens PLM Software) adalah aplikasi komersial untuk desain, perancangan, analisis, dan simulasi produk, sistem, mesin dan peralatan. Fitur semua versi termasuk parametrik berbasis model, model perakitan, perancangan, sheetmetal, weldment, bentuk yang unik desain permukaan, dan data manajemen. Aplikasi-aktifkan antarmuka pemrograman scripting di Visual Basic dan C programming.
  • SolidWorks (SolidWorks Corporation) adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk desain, rincian dan validasi produk, sistem, mesin dan toolings. Semua versi termasuk model, majelis, menggambar, sheetmetal, weldment, dan bentuk yang unik fungsionalitas permukaan. Ini juga memiliki dukungan untuk scripting di Visual Basic dan C.
  • trueSpace (Caligari Corporation) adalah program 3D tersedia untuk Windows, meskipun perusahaan menemukan pertama Caligari mulai pada platform Amiga. fitur trueSpace pemodelan, animasi, 3D-lukisan, dan kemampuan rendering. Pada tahun 2009, Microsoft membeli TrueSpace dan sekarang tersedia benar-benar gratis.
  • Vue (E-on Software) adalah alat untuk membuat, menghidupkan dan rendering 3D alam lingkungan. Itu adalah yang terakhir digunakan untuk menciptakan latar belakang lingkungan hutan di 2nd dan 3rd Pirates of the Caribbean film.
  • ZBrush (Pixologic) adalah alat mematung digital yang mengkombinasikan pemodelan 3D/2.5D, texturing dan alat melukis tersedia untuk Mac OS X dan Windows. Hal ini digunakan untuk membuat peta biasa untuk model-model resolusi rendah untuk membuat mereka terlihat lebih rinci.

paket-paket lain

  • Anim8or adalah freeware berpemilik 3D rendering dan animasi paket.
  • Animasi: Master dari hash, Inc adalah sebuah pemodelan dan animasi paket yang berfokus pada kemudahan penggunaan. Ini adalah spline berbasis modeler. Kekuatannya terletak pada karakter animasi.
  • Art of Illusion adalah paket perangkat lunak bebas dikembangkan di bawah GPL.
  • Komunitas AutoQ3D bukan program CAD profesional dan itu difokuskan untuk pemula yang ingin membuat desain 3D yang cepat. Ini adalah aa paket perangkat lunak bebas dikembangkan di bawah GPL.
  • Ayam adalah software 3D modeling lingkungan untuk RenderMan antarmuka.
  • Bryce (DAZ Productions) yang paling terkenal karena pemandangan dan menciptakan 'painterly' rendering, serta antarmuka pengguna yang unik.
  • Cybermotion 3D adalah model 3D komersial, animasi dan rendering paket.
  • Cheetah3D terutama ditujukan pada seniman 3D amatir dengan beberapa menengah dan high-end fitur
  • DAZ Studio render 3D gratis alat ditetapkan untuk menyesuaikan parameter dari model yang sudah ada sebelumnya, berpose dan membuat mereka dalam lingkungan yang penuh adegan 3D. Impor objek dibuat dalam problem yg berat dan mirip dengan program itu, tapi dengan lebih sedikit fitur.
  • DX Studio lengkap lingkungan pengembangan terintegrasi untuk membuat grafik 3D interaktif. Sistem ini terdiri dari baik secara real-time 3D mesin dan suite perangkat pengeditan, dan merupakan produk pertama yang menawarkan rangkaian lengkap alat-alat dalam satu IDE.
  • Evolver adalah portal untuk menggabungkan karakter komputer 3D manusia (humanoid) pembangun dan Cloner untuk bekerja dari gambar.
  • FaceGen adalah sumber wajah manusia model bagi program lainnya.
  • Geist3D adalah sebuah program perangkat lunak bebas untuk real-time pemodelan dan rendering grafik tiga-dimensi dan animasi.
  • Grome adalah adegan outdoor profesional modeler (medan, air, tumbuh-tumbuhan) untuk permainan dan lain 3D real-time aplikasi.
  • GMax
  • GPure adalah sebuah perangkat lunak untuk mempersiapkan adegan / jala-jala dari mockup digital ke beberapa menggunakan
  • K-3D adalah sebuah GNU modeling, animasi, dan sistem rendering tersedia di Linux dan Win32. Itu menggunakan RenderMan-compliant mesin render. Adegan fitur grafik itu model prosedural sama dengan yang ditemukan dalam Houdini.
  • MakeHuman adalah suatu program GPL yang menghasilkan 3D parametrik humanoids.
  • MeshLab adalah gratis Windows, Linux dan Mac OS X aplikasi untuk memvisualisasikan, menyederhanakan, pengolahan dan mengkonversi tiga dimensi besar jala-jala ke atau dari berbagai format file 3D.
  • MilkShape 3D adalah sebuah shareware / trialware poligon program pemodelan 3D dengan luas impor / ekspor kemampuan.
  • Mudbox Mudbox adalah sikat resolusi tinggi berbasis 3D program mematung, yang mengklaim menjadi yang pertama dari jenisnya. Perangkat lunak diakuisisi oleh Autodesk pada tahun 2007, dan memiliki arus saingan di bidang yang dikenal sebagai ZBrush (lihat di atas).
  • OpenFX adalah pemodelan dan studio animasi, didistribusikan di bawah GPL.
  • Poser(Smith Micro) adalah masalah sulit untuk render 3D dan program perangkat lunak animasi dioptimalkan untuk model yang menggambarkan sosok manusia dalam bentuk tiga dimensi dan fitur khusus untuk menyesuaikan karakter dari model yang sudah ada sebelumnya melalui parameter yang berbeda-beda. Hal ini juga untuk berpose dan rendering model dan karakter. Termasuk beberapa alat khusus untuk berjalan siklus penciptaan, kain dan rambut.
  • RealFlow mensimulasikan dan membuat sistem partikel dan cairan tubuh kaku.
  • Realsoft3D Real3D Kendali fitur 3D modeling, animasi, simulasi dan rendering perangkat lunak tersedia untuk Windows, Linux, Mac OS X dan Irix.
  • Rhinoceros 3D adalah sebuah alat pemodelan komersial yang memiliki dukungan yang sangat baik untuk bentuk yang unik NURBS mengedit.
  • Seamless3d NURBS modelling dan animasi berbasis perangkat lunak dengan banyak fokus pada penciptaan avatar dioptimalkan untuk real-time animasi. It is free, open source di bawah MIT lisensi.
  • Vivaty Studio adalah VRML / X3D editor dengan kemampuan pemodelan 3D.
  • Wings 3D adalah BSD-licensed, subdivisi modeler.

Renderers

  • 3Delight adalah RenderMan-compliant renderer.
  • Aqsis adalah gratis suite render RenderMan sesuai dengan standar.
  • Brasil adalah mesin render untuk 3ds Max, Rhino dan VIZ
  • FinalRender adalah fotorealistik renderer untuk Maya dan 3ds Max dikembangkan oleh Cebas, sebuah perusahaan Jerman.
  • FPrime untuk Lightwave menambahkan preview yang sangat cepat dan bisa dalam banyak kasus dapat digunakan untuk rendering akhir.
  • Gelato adalah hardware-accelerated, non-real-time renderer dibuat oleh produsen kartu grafis NVIDIA.
  • Indigo Renderer adalah sumber tertutup (tapi gratis untuk semua penggunaan) fotorealistik renderer yang menggunakan XML untuk deskripsi scene. Eksportir tersedia untuk Blender, Maya (MTI), bentuk • Z, Cinema4D, Rhino, 3ds Max.
  • Kerkythea render merupakan freeware sistem yang mendukung raytracing. Saat ini, dapat diintegrasikan dengan 3ds Max, Blender, SketchUp, dan Silo (umumnya perangkat lunak apapun yang dapat mengekspor obj dan file dalam format 3ds). Kerkythea adalah standalone renderer, menggunakan bahan-bahan fisik dan pencahayaan akurat.
  • LuxRender adalah sumber terbuka yang tidak bias menampilkan mesin rendering cahaya Metropolis transportasi
  • Maxwell Render adalah multi-platform yang forgoes raytracing renderer, pencahayaan dan radiositas global mendukung render foton dengan spektrum elektromagnetik virtual, sehingga menjadikan tampak sangat otentik. Ini adalah pertama ke pasar.
  • mental ray renderer populer lain, dan datang standar dengan sebagian besar paket high-end. (Sekarang dimiliki oleh NVIDIA)
  • Pixar 's fotorealistik RenderMan adalah sebuah renderer, digunakan di banyak studio. Animation packages such as 3DS Max and Maya can pipeline to RenderMan to do all the rendering. Paket animasi seperti 3DS Max dan Maya dapat pipa untuk RenderMan untuk melakukan semua rendering.
  • Peri adalah sumber terbuka fotorealistik renderer.
  • POV-Ray (atau The Persistence of Vision Raytracer) adalah sebuah freeware (with source) sinar pelacak ditulis untuk berbagai platform.
  • Sunflow adalah open source, foto-realistis renderer ditulis di Jawa.
  • Turtle (menerangi Labs) adalah sebuah alternatif renderer untuk Maya, itu spesialisasi dalam radiositas lebih cepat dan otomatis permukaan kue meningkatkan teknologi yang lebih lanjut dengan cepat merender.
  • Vray dipromosikan untuk digunakan di bidang visualisasi arsitektur digunakan bersama-sama dengan 3ds max dan 3ds viz. Hal ini juga sering digunakan dengan Maya.
  • YafRay adalah raytracer / renderer didistribusikan di bawah LGPL. Proyek ini tidak lagi aktif dikembangkan. YafaRay YafRay pengganti, sebuah raytracer / renderer didistribusikan di bawah LGPL.

Terkait dengan software 3D

  • Swift3D adalah alat untuk memproduksi tenda vektor konten 3D berbasis Flash. Juga datang dalam bentuk plug-in untuk mengubah model di Lightwave atau 3DS Max ke Flash animasi.
  • Match moving software umumnya digunakan untuk mencocokkan video dengan video yang dihasilkan komputer, menjaga dua sinkron sebagai kamera bergerak.
  • Setelah memproduksi video, studio kemudian mengedit atau komposit video menggunakan program seperti Adobe Premiere atau Apple Final Cut di akhir rendah, atau Autodesk Combustion, Digital Fusion, Apple Shake di ujung yang tinggi.
  • MetaCreations Detailer dan Painter 3D dihentikan aplikasi perangkat lunak khusus untuk melukis peta tekstur pada 3-D Models.
  • Simplygon Sebuah pengolah mesh komersial untuk remeshing masukan umum jerat ke real-time renderable jerat.
Sumber : http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/3D_computer_graphics_software
*tanpa mengurangi materi serta mengurangi kapasitas informasi dari sumber, maka saya tidak mengubah link pada kata yang di garis bawah agar pembaca dapat lebih mendapatkan informasi yang bisa memberikan penjelasan lebih.